Sabtu, 16 Oktober 2010

Trend ke depan telematika

Telekomunikasi dan Informatika saat ini sudah berkembang pesat. Sangat sulit sekarang menemukan orang yang tidak memiliki handphone ataupun account Facebook. Konvergensi antara dua bidang Telekomunikasi dan Informatika melahirkan suatu tren baru, dimana orang bisa dengan mudah mendapatkan email dan mengupdate statusnya melalui handphone. Penggunaan IP Phone pun sudah mulai marak. Tetapi perkembangan itu bukan saja melahirkan efek positif, tetapi terdapat pula efek negatifnya. Maka kita harus mengetahui trend, kedepan Telematika untuk dapat mengantisipasinya..

Menurut saya, perkembangan pertahunnya sangat pesat dalam bidang ini. Contoh simplenya adalah storage tempat penyimpanan data seperti halnya flashdisk yang kini bisa menyimpan ratusan Giga byte, hardisk yang mencapai kapasitas terra byte, dan lainnya yang dulu masih sangat berukuran kecil. Kini barang seperti itu semua sangat mudah di dapatkan dengan harga yang sesuai.

Trend ke depannya dalam Telematika menurut saya ini bisa bersifat pada model dan kecepatan transmisi data yang diperoleh, serta seberapa tinggi cost untuk mendapatkan jaringan hingga akhirnya free cost.. hahaa

Yang pertama model, sekarang Laptop atau mini computer masih berbentuk persegi panjang kotak. Mungkin ke depannya mini computer ini bisa berbentuk bulat, hati, atau sebagainya dengan tampilan yang menarik serta warna yang atraktif.

Ke-dua yaitu kecepatan dalam mentransmisi data, semua brand saling mengungguli agar para konsumen memilihnya karena kecepatan akses internet yang luar biasa, itu bisa kita temukan dalam iklan televisi sehari-hari. Tapi bagaimana jika cuaca buruk dan kita di tuntut untuk mengakses dan mengirim data secara cepat. Masih banyak brand yang kecepatan sangat turun drastic ketika cuaca tidak mendukung. Nah kemungkinan masalah itu yang akan diperhitungkan ke depannya.

Ke-tiga yaitu biaya untuk mendapatkan akses jaringan internet tersebut. Hmmm.. Di mall-mall sudah sering ditemukan hotspot serta wifi gratis tapi connectivitas networknya sering kali sangat buruk, terkadang kita pun harus membayar terlebih dahulu agar dapat menikmati layanan yang tersedia tersebut. Nah bagaimana mereka yang menyediakan layanan tersebut menekan harga pada pengguna hotspot atau bahkan mem-free kan jaringan tersebut dengan connectivitas yang sangat baik. Itupun akan jadi salah satu trend ke depan, sehinnga kita sebagai mahasiswa tidak diberatkan untuk membayar tinggi harga bulanan sebuah internet, atau bahkan menikmati akses internet dengan nyaman..

Terkahir, kemungkinan akan muncul robot-robot kecil lainnya yang akan siap membantu tugas manusia dalam mengerjakan tugas sehari-hari menjadi jauh lebih mudah.. hahahaa

Itulah opini saya tentang Telemtika, terima kasih :)

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Street Art Copyright by kikyou | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowtoTricks